Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Tak Ada Kesalahan Dalam Rekapitulasi, Bawaslu INHU Said M Affandi Lakukan Monitoring di Kecamatan Kuala Cenaku

Koordinator divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu, Said M Affandi saat melakukan Monitoring di Kecamatan Kuala Cenaku

Koordinator divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu, Said M Affandi saat melakukan Monitoring di Kecamatan Kuala Cenaku

Pematang Reba – Koordinator divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu, Said M Affandi  melakukan monitoring ke tempat rekapitulasi suara di Kecamatan Kuala Cenaku. Monitoring bertujuan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penghitungan pada rekapitulasi suara, Jum'at (23/02).

Said menginstruksikan jajaran Panwaslu Kecamatan melakukan pengawasan ketat terhadap proses rekapitulasi dengan memastikan proses ketepatan proses penyalinan jumlah suara yang diperoleh masing-masing peserta Pemilu kedalam Formulir D Salinan.

“Kami berpesan kepada Panwascam agar selalu melakukan koordinasi secara berjenjang jika ada temuan atau indikasi pelanggaran yang terjadi,” ucapnya.

Menurutnya, pengawasan rekapitulasi sangat krusial, karena rekapitulasi penghitungan suara menjadi tonggak utama yang mencerminkan keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024. Oleh sebab itu,

“Ini penting karena proses rekapitulasi penghitungan suara menjadi tonggak utama yang mencerminkan keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024, yang mencakup serangkaian kegiatan mulai dari pemungutan dan penghitungan suara, penyampaian hasil penghitungan perolehan suara hingga penetapan hasil Pemilu Nasional nantinya,” tandasnya.

Secara umum rekapitulasi penghitungan suara berjalan dengan lancar, belum ditemukan kesalahan yang signifikan terhadap proses tersebut, sehingga sampai batas waktu yang ditetapkan sesuai tahapan selesai, dan akan dilanjutkan ke tahap rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota.