Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pungut Hitung, Bawaslu INHU Gelar Bimtek bersama Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten INHU

Anggota Bawaslu INHU Said M Affandi Saat Membuka acara Bimtek Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten INHU Selasa (06/02/2024)

Anggota Bawaslu INHU Said M Affandi Saat Membuka acara Bimtek Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten INHU Selasa (06/02/2024) 

Pematang Reba– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (INHU) gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu pada Pemilu 2024 yang digelar di Aula Wisma Five Boy's Pematang Reba pada Selasa S. d Rabu (06 S.d 07 /02/2024

Anggota Bawaslu INHU yang juga Sebagai Kordiv P2H, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan , teman-teman pengawas  Kecamatan sampai Kepada Jajaran yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah memulai tugas pengawasan Pemilu yakni melakukan Pengawasan Pendistribusian Logistik di setiap Kecamatan desa dan TPS.

“Untuk itu, koordinasi yang baik menjadi hal penting untuk dilakukan, dan para pengawas diharapkan untuk menjaga kesehatan dan tetap bangun komunikasi untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi nanti” ujarnya

Said  juga mengingatkan kepada seluruh jajaran pengawas untuk menjalankan tugas dengan baik. “Jika ada ketidakpahaman langsung koordinasi, diharapkan dapat memastikan keberlanjutan dan integritas pelaksanaan tugas pengawasan kita” singkatnya

“Saat ini, kita memasuki tahapan akhir kampanye dan segera akan memasuki puncak dari seluruh tahapan pemilu yang selama ini kita awasi. Kami ingin mengingatkan teman-teman jajaran pengawas bahwa seluruh rakyat Indonesia menitipkan harapan mereka pada proses demokrasi ini,” ungkap Said.

 

Sementara anggota Bawaslu INHU  Dwi Apriansyah  yang juga sebagai koordinator divisi Hukum, dan Sengketa mengatakan Jajaran pengawas Pemilu di tingkat Desa dan TPS menjadi ujung tombak Bawaslu, oleh karena itu, peran aktif jajaran pengawas menjadi hal penting dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Jika ada dugaan pelanggaran Pemilu yang ditemukan segera berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten. Beliau menekankan bahwa data yang disampaikan haruslah akurat karena pengawas pemilu memiliki peran penting sebagai penjaga kejujuran Pemilu” Ujarnya.

lebih lanjut ia menekankan pentingnya koordinasi di tingkat kecamatan. Beliau mengingatkan para pengawas agar tidak mengambil kebijakan mendadak, terutama jika terjadi kompleksitas di tingkat TPS. “Jika ada hal-hal yang tidak dipahami, diharapkan para pengawas langsung berkoordinasi untuk memastikan kelancaran tugas pengawasan” kata yayan, sapaan akrabnya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini, Demisioner Bawaslu INHU periode 2018-2023, Mulianto    dan KPU Kabupaten INHU

Penulis : Ardi Amsyar