Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Inhu Sambut Baik Kujungan Koordinasi KPU Inhu

Rengat, (Bawaslu Inhu) – Pimpinan Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Dedi Risanto dan Mulianto menerima dan menyambut baik kunjungan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu pagi tadi, Rabu (16/6/2021) di Kantor Bawaslu Inhu Pematang Reba. Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi terkait rencana program kegiatan KPU Inhu yaitu “Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).”

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 4 orang komisioner KPU Inhu yaitu Yenni Mairida selaku ketua dan Dwi Apriansyah, Ronaldi Ardian, dan Fitra Rovi selaku anggota. Sementara itu komisioner KPU Inhu Risman berhalangan hadir karena masih dalam keadaan sakit.

Pada saat pembukaan, Yeni menyampaikan bahwa KPU kabupaten/kota telah diinstruksikan oleh KPU RI agar melaksanakan program “Desa peduli Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.” Parameter untuk menentukan sasaran program KPU tersebut ada 3, yaitu desa rawan konflik, desa tingkat partisipasi rendah, dan desa yang memiliki angka pelanggaran Pemilu/Pemilihan tertinggi. Menurutnya, parameter terakhir tentang tingkat pelanggaran Pemilu/Pemilihan mesti dikoordinasikan dengan Bawaslu.

Terkait hal tesebut, Dedi Risanto menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kunjungan KPU Inhu. “Kita melaksanakan koordinasi dengan kawan-kawan KPU Inhu terkait instruksi program kerja dari KPU RI,” katanya singkat. Kemudian, beliau menyampaikan bahwa, mengenai desa yang memiliki tingkat pelanggaran Pemilu/Pilkada tertinggi maka akan dilihat kembali rekap penanganan pelanggaran. Baik itu jumlah laporan atau temuan maupun hasil akhir berupa penerusan penindakan pelanggaran. (Eel, 16/6/2021).

Tag
Berita