Lompat ke isi utama

Berita

PKD Se-Kabupaten INHU Resmi Dilantik, Bawaslu Minta Maksimalkan Soliditas, Jaga Integritas Dan Profesionalitas Dalam Mengawal Pilkada 2024

Ketua Bawaslu INHU Saat Supervisi dan Monitoring Pelantikan PKD di Kecamatan Batang Peranap

Ketua Bawaslu INHU Saat Supervisi dan Monitoring Pelantikan PKD di Kecamatan Batang Peranap

PEMATANG REBA,- Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PKD) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 se-Kabupaten INHU resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu pada tanggal 1 dan 2 Juni 2024 dimasing-maaing kecamatan.

Ketua Bawaslu INHU Dedi Risanto saat di Hubungi tim Humas Bawaslu INHU disela-sela monitoring dan supervisi kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa Pengawas Kelurahan/Desa yang sudah dilantik harus menjaga integritas dan netralitas sebagai pengawas.

“Kami tekankan pada para PKD yang terlantik  untuk menjaga integritas dan netralitas sebagai pengawas", tegasnya.

Dedi juga mengingatkan para Panwaslu Kelurahan/Desa berhati-hati dalam berinteraksi di media sosial agar tidak terjadi hal yang merugikan integritas Panwaslu Kelurahan/Desa itu kedepannya.

“Kita saat ini sedang berada pada dua dunia, dunia nyata dan dunia maya. Kadang kita lebih aktif di dunia maya daripada dunia nyata. Oleh sebab itu, saya ingatkan teman-teman PKD untuk berhati-hati berinteraksi di media sosial,” lanjutnya.

Dedi juga mengingatkan Kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa  pentingnya sinergitas dan kolaborasi dalam menjalankan tugas pengawasan.

“Kolaborasi dengan pemerintah, baik di tingkat kecamatan hingga kelurahan dan desa adalah hal yang sangat penting untuk dimaksimalkan", imbuhnya.

Dedi juga berpesan kepada Panwaslu Kelurahan/ Desa  untuk lebih meningkatkan pengawasan. Pasalnya, ujung tombak pengawasan itu ada di desa dan TPS.

“Desa sebagai benteng pertahanan demokrasi, maka kami minta pengawasan di desa  ditingkatkan", kata Dedi mengakhiri.

Jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD juga diharapkan agar dapat menjaga nama baik institusi / lembaga Bawaslu. Serta dalam melakukan pengawasan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku agar pengawasan tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik.

Penulis : Ardi Amsyar