Lompat ke isi utama

Berita

Pesan Ketua Bawaslu Inhu dalam Acara Pendidikan Budaya Politik

Rengat, (Bawaslu Inhu) – Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Dedi Risanto menyampaikan pesan pada saat menjadi narasumber dalam kegiatan “Pendidikan Budaya Politik bagi Partai Politik dan Masyarakat” yang ditaja oleh Badan Kesbangpol Provinsi Riau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Irma Bunda Pematang Reba, kemaren Kamis (2/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Dedi menyampaikan bahwa di Inhu masih mengalami budaya politik yang beragam. Sehingga menurut beliau perlu perhatian semua pihak mengenai pendidikan budaya politik tersebut.

“Perlu kita akui bahwa masyarakat kita masih Parokial atau tidak tertarik dalam urusan politik. Ada juga yang tergolong sebagai Subjek yang tidak peduli atau apatis terhadap politik. Dan sebagian kecil masyarakat yang sudah tergolong Partisipan yang memiliki kesadaran dan ikut andil dalam urusan politik,” terang beliau.

Masih menurutnya, Bawaslu sudah berusaha melibatkan masyarakat dalam kegiatan kepemiluan. Beberapa kegiatan tersebut yaitu Pengawasan Partisifatif dengan mengajak dan melibatkan masyarakat dalam kegiatan pengawasan Pemilu. Selain itu Bawaslu selalu mengadakan kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) berupa gerakan bersama antara Bawaslu  dengan masyarakat untuk menciptakan proses Pemilu yang berintegritas. Bawaslu menyediakan layanan pendidikan, di sisi masyarakat, pemilih berinisiatif untuk turut berpartisipasi mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

Maka menurut Dedi, dalam demokrasi dan pemilu perlu kerja sama semua pihak untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar memahami regulasi, melaksanakan regulasi, dan meningkatkan partisipasi masyarakat yang berkualitas. (Eel, 3/3/2023).

Tag
Berita