Lompat ke isi utama

Berita

Disebut Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024, Ketua Bawaslu INHU Minta PTPS Perhatikan Hal Ini.

Ketua Bawaslu INHU Dedi Risanto Saat Pengawasan Surat Suara

Ketua Bawaslu INHU Dedi Risanto Saat Pengawasan Surat Suara

PEMATANG REBA, - Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu, Dedi Risanto, menyebut pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) sebagai ujung tombak pengawasan Pemilu 2024.

Karenanya, pihaknya meminta seluruh PTPS se-Kabupaten Indragiri Hulu yang telah dijadwalkan bakal dilantik pada 21 - 22 Januari 2024 memperhatikan beberapa hal.

Di antaranya, menjaga integritasnya sebagai pengawas Pemilu 2024 di tingkat TPS untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Indragiri Hulu berjalan lancar.

"Kami meminta PTPS sebagai ujung tombak pengawasan benar-benar menjaga integritasnya pada puncak pesta demokrasi 14 Februari 2024," ujar Dedi Risanto saat di hubungi oleh Tim Humas Bawaslu Inhu, Sabtu (20/1/2024).

Ia juga berpesan kepada seluruh PTPS di Kabupaten Indragiri Hulu agar dapat bekerja maksimal dalam mengawasi Pemilu 2024 dari mulai dari sebelum dan sesudah pemungutan suara nantinya.

Menurut dia, PTPS pun harus turut mengawal proses pergeseran Kotak Suara setelah pemungutan suara dari TPS masing-masing hingga ke tingkat kecamatan atau PPK.

Pihaknya meyakini, ribuan PTPS yang direkrut Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu merupakan sosok terbaik dan memiliki integritas yang tinggi.

"Dari awal perekrutan, kami ingin memastikan PTPS di Kabupaten Indragiri Hulu memiliki integritas, sehingga tidak boleh simpatisan apalagi masuk kepengurusan atau anggota partai politik menjadi PTPS," kata Dedi Risanto .

Penulis dan Photo : Ardi Amsyar