Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu INHU Sampaikan Keterangan Pada Sidang PHPU Pileg 2024

Anggota Bawaslu INHU Dwi Apriansyah Indra Saat Menyampaikan Keterangan Pihak Terkait dalam PHPU Pileg 2024 di MK

 Saat Menyampaikan Keterangan Pihak Terkait dalam PHPU Pileg 2024 di MK

Pematang Reba– Bawaslu Indragiri Hulu hadir sebagai pihak Pemberi Keterangan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Selasa (7 Mei 2024).

Dalam agenda tersebut, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa  Bawaslu Indragiri Hulu Dwi Apriansyah Indra membacakan keterangan terhadap gugatan sengketa pemilihan legislatif 2024 yang diajukan oleh dua partai politik.

Gugatan sengketa tersebut berada di Kecamatan Sungai Lala Pada Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten.

Adapun partai politik di Kabupaten Indragiri Hulu yang mengajukan gugatan sengketa hasil di MK yakni Partai PPP dan Gerindra, dimana pokok aduan yang disampaikan terkait Peristiwa yang sama yaitu kekuarangan surat suara di TPS 04 Desa Perkebunan Sungai Lala, Kecamatan Sungai Lala.

Anggota Bawaslu Indragiri Hulu Dwi Apriansyah Indra menyatakan, keterangan tertulis yang disusun Bawaslu Indragiri Hulu memuat penjelasan tentang pengawasan yang telah dilakukan para pengawas pemilu sepanjang pelaksanaan pemilu 2024.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Indragiri Hulu menambahkan, kehadiran Bawaslu INHU di Sidang MK sebagai pemberi keterangan sangat penting. Sebab, pengawas pemilu berada di posisi tengah-tengah untuk menyampaikan fakta dan data yang obyektif. Oleh karena itu keterangan yang disampaikan harus berkorelasi dengan dalil-dalil yang diajukan oleh pemohon.

Lebih lanjut, Dedi menyampaikan, sidang pada Selasa 7 Mei 2024 bukan sidang pertama dan terakhir. Dengan demikian, nantinya akan ada sidang lanjutan dengan agenda pembuktian hingga majelis membacakan putusan.

Sidang PHPU Pileg 2024 Kabupaten Indragiri Hulu dilakukan di sidang Panel 1 dengan Majelis Hakim MK Yaitu Suhartoyo. Danil Yusmic dan M. Guntur Hamza . ***

Penulis : Ardi Amsyar