Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu INHU Mulai Rekrut Panwascam Pendaftar Baru Untuk Pilkada 2024

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Diklat (SDMO) M Lukman Said.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Diklat (SDMO) M Lukman Said.

Pematang Reba– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Indragiri Hulu telah menetapkan sejumlah nama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) jalur existing untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Setelah melalui proses sesuai petunjuk dan arahan Bawaslu RI bagi anggota Panwascam Pileg dan Pilpres diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri kembali dengan mengisi fortopolio dan penilaian atasan langsung, maka hasilnya dengan ditetapkan Panwascam Existing yang memenuhi syarat untuk kembali bertugas di Pilkada sebanyak 26 orang, sedangkan sisanya gugur dan tidak memenuhi syarat.

Sementara jumlah keseluruhan anggota Panwascam Pilkada di Kabupaten Indragiri Hulu di 14 kecamatan berjumlah 42 orang. Maka masih dibutuhkan sebabyak 16 orang Panwascam untuk direkrut dibeberapa kecamatan.

Hal ini dikemukakan  Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Diklat (SDMO) M Lukman Said.

“Panwascam Existing, dari yang mendaftar 32 orang, dan yang lolos 26 orang, kekurangan yang kita dibutuhkan sebanyak 16 orang dan diharapkan peminatnya juga bertambah mengingat tahapan perekrutan Panwascam Pilkada juga berbarengan dengan tahapan perekrutan PPK Pilkada, terangnya.

Selanjutnya Lukman mengatakan, jumlah kebutuhan 16 orang itu hanya tersebar untuk 10 kecamatan saja, seperti diketahui tiap kecamatan membutuhkan 3 orang Panwascam sedangkan Kabupaten Indragiri hulu terdiri dari 14 kecamatan maka total kebutuhannya 42 orang.

Kordiv SDMO ini menambahkan bahwa empat  kecamatan tidak dilakukan perekrutan dikarenakan hasil penilaian terhadap calon Existing masih layak untuk melanjutkan tugasnya.

Sementara untuk kebutuhan 16 orang di 10 kecamatan akan dilakukan penerimaan melalui metode pendaftar baru.

Penerimaan pendaftaran hanya dibuka selama 3 hari dan sebelumnya Bawaslu indragiri Hulu telah melakukan tahapan sosialisasi bahwa akan ada perekrutan Panwascam Pilkada di media massa dan media sosialnya, penerimaan berkas dibuka mulai Minggu (5/5/2024) sampai Selasa (7/5/2024).

Pendaftaran dapat diperpanjang pada 8 Mei, jika pendaftar di kecamatan belum memenuhi dua kali kebutuhan. Setelah itu berkas persyaratan diteliti dan diproses 9-11 Mei dan hasilnya akan diumumkan 12 Mei 2024 mendatang.

Bawaslu INHU akan menggelar rapat pleno penetapan Calon Anggota Panwascam Pilkada pada 22 Mei. Lalu diumumkan pada 23 Mei. Panwascam Pilkada yang terpilih akan dilantik dan dilakukan pembekalan pada 24-25 Mei 2024.

Adapun sebaran jumlah kebutuhan Panwascam Pilkada untuk jalur pendaftar baru di 10 kecamatan terdiri dari :

1. Peranap 3 orang

2. Rengat 2 orang

3. Rengat Barat 2 orang

4. Seberida 2 orang

5. Batang Cenaku 2 orang

6. Lubuk Batu Jaya 1 orang

7. Batang Peranap 1 orang

8. Batang Gansal 1 orang

9. Lirik 1 orang

10. Kuala Cenaku 1 Orang

Penulis : Ardi Amsyar