Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu INHU Lakukan Pengawasan Perekrutan Badan Adhoc KPU INHU

Kordiv SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu INHU M Lukman Said Saat Melakukan Pengawasan di KPU INHU

Kordiv SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu INHU M Lukman Said Saat Melakukan Pengawasan di KPU INHU

PEMATANG REBA, - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten indragiri Hulu melakukan pengawasan terhadap pembentukan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten INHU.

Pengawasan Pembentukan Badan Adhoc PPK tersebut langsung dilakukan oleh Kordiv SDM  Organisasi dan Diklat Bawaslu INHU M. Lukman Said Beserta Staf Dekretariat Bawaslu.

“Kita akan mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024, termasuk tahapan pembentukan badan adhoc PPK dan PPS oleh KPU INHU,” kata Lukman.

Dirinya menyebutkan pengawasan dilakukan secara melekat, “Yang pasti nanti kita teliti juga kelengkapan persyaratan, memastikan nama calon tidak termasuk dalam Sipol, dan lain-lain yang berhubungan dengan rekrutmen badan adhoc di KPU".

Selain itu, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat, itu menjelaskan dalam upaya pengawasan yang dilakukan, maka pihaknya telah menyampaikan imbauan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) INHU terkait pembentukan PPK untuk Pilkada Tahun 2024 tersebut.

Imbauan yang disampaikan agar KPU INHU menjalankan tahapan pembentukan PPK sesuai dengan waktu yang telah diatur dan sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh KPU RI. Juga dalam hal memastikan integritas dan kemandirian calon PPK sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Termasuk, calon PPK harus dipastikan tidak aktif sebagai anggota Partai Politik maupun Tim Kampanye Peserta Pemilu dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Bawaslu INHU juga mengimbau agar masyarakat disabilitas tetap diberikan kesempatan yang sama untuk mendaftar sebagai calon penyelenggara pemilu sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Nanti kami akan melakukan penelusuran terhadap semua calon anggota PPK untuk memastikan bahwa PPK yang akan dilantik oleh KPU INHU benar-benar independen dan berintegritas," terangnya.

Penulis : Ardi Amsyar