Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu INHU dan Kepala Desa se INHU Gelar Rakor dan Pembacaan Ikrar Netralitas Pada Pilkada 2024

Kegiatan Rakor dan Ikrar Netralitas Kepala Desa Pada Pilkada 2024

Kegiatan Rakor dan Ikrar Netralitas Kepala Desa Pada Pilkada 2024

Inhu, - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) gelar rapat koordinasi penegakan netralitas Kepala Desa dan pembacaan ikrar netralitas Kepala Desa di Aula Hotel Rafana, Pematang Reba, Indragiri Hulu.

Rapat koordinasi tersebut dimulai dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Ketua Panwascam Kuala Cenaku, Nofri Andre.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Inhu, Dedi Risanto SH MH yang diwakili oleh Koordiv P2H Bawaslu Inhu, Said M Affandi SE menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah kabupaten Inhu terkhususnya untuk Kepala Dinas PMD, Roma Doris.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemkab Inhu, terkhusus untuk Kadis PMD, Roma Doris yang sudah gerak cepat membantu kami menyampaikan undangan rapat koordinasi dengan seluruh kades. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya Kades yang hadir pada saat ini," ucap Said saat sambutannya, Jumat (13/09/2024).

Ditambahkan Said, rapat koordinasi ini diharapkan kedepan para Kades bisa bersinergi dengan Bawaslu Inhu untuk menjaga netralitas di dalam Pilkada serentak tahun 2024.

"Kami melihat antusias Kades di dalam rapat koordinasi ini, kami menyambut baik niat baik kita semua untuk menjaga netralitas di dalam pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Kami yakin dan percaya Kades bisa bersikap netral, hal ini dibuktikan dengan gerak cepat Kades menghadiri undangan yang kami serahkan. Kita semua berharap tercapainya Pilkada yang damai, sejuk dan berintegritas," jelas Said.

Dalam gelar rapat koordinasi tersebut tampak dihadiri oleh Forkopimda Inhu,KPU Inhu, Bawaslu Riau, Camat Rengat Barat serta Kepala Desa Se Kabupaten Indragiri Hulu.

Bupati Inhu dalam sambutannya, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Joni Maryanto SPi MSi menyampaikan terima kasih Pemkab Inhu kepada Bawaslu Inhu atas digelarnya kegiatan tersebut.

"Pemkab Inhu selalu mendukung penuh Bawaslu Inhu di dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu untuk pilkada serentak mendatang. Kami ucapkan terima kasih atas digelarnya rapat koordinasi ini guna untuk menjaga netralitas Kades di dalam menjalankan tugasnya," ucap Joni.

Didalam sesi diskusi, Ketua Bawaslu Provinsi melalui Koordiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Nanang Wartono SH MH menyampaikan beberapa aturan terkait netralitas Kades di dalam Pilkada serentak tahun 2024.

"Kami berharap Kades betul-betul menjaga netralitasnya, karena ini menyangkut aturan yang berlaku. Apabila Kades nanti bersifat tidak netral, maka tim gakkumdu akan memprosesnya. Dari jauh kami ingatkan untuk netralitasnya, karena ini untuk tercapainya pilkada yang aman, bersih dan damai," ucap Nanang saat berdiskusi dengan Kades.

Dalam pantauan, terjadi tanya jawab yang cukup aktif antara Kades dengan pihak Bawaslu. Selanjutnya dilakukan penandatanganan ikrar netralitas bersama Kades se Kabupaten Inhu. **

Penulis dan Photo : Ardi Amsyar