Lompat ke isi utama

Berita

Bangun Sinergi dengan Akademisi, Bawaslu Inhu tandatangani MoU dan MoA dengan 3 Fakultas di UIR

Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu bersama Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau dan Bawaslu Provinsi Riau melakukan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Islam Riau (UIR), Senin (06/03/2023).

Dalam hal ini Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu Dedi Risanto, S.IP., MSi, Ali Muhtar, S.Sos, Mulianto, SE dan Rony Fitrian, S.IP turut hadir di Auditorium lantai 4 Gedung Rektor UIR untuk menandatangani MoU bersama Rektor UIR dan MoA bersama Dekan Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Audiensi yang dilakukan Sentra Gakkumdu Kabupaten Indragiri Hulu dengan pihak Universitas Islam Riau melalui Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UIR pada tanggal 3 Februari 2023 lalu yang digagas oleh Rony Fitrian, S.IP selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Indragiri Hulu, yang mana kesepakatan pada saat audiensi para pihak bersepakat untuk menguatkan kerjasama penanganan pelanggaran melalui payung hukum berupa Perjanjian Kerjasama dan diagendakan penanganan secara serentak bersama Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya se-Provinsi Riau.

Hadir sebagai Narasumber dari Bawaslu Provinsi Riau, Anggota Bawaslu Riau Hasan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui penandatanganan kerjasama sekaligus sosialisasi tersebut diharapkan dapat menjadi corong informasi yang update mengenai perkembangan persiapan pengawasan pemilu.

“Bawaslu Riau dalam hal ini mempunyai tanggung jawab terhadap pengawasan pemilu di tingkat kabupaten, kota hingga provinsi yang ada di provinsi Riau, kami juga turut melakukan sosialisasi guna menyebarkan informasi mengenai pelaksanaan pemilu sampai kepada masyarakat di segala lini serta bentuk ikhtiar untuk upaya ini bisa masif sampai kepada masyarakat,” ujar Hasan.

Selanjutnya Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bawaslu Riau dan Bawaslu Kabupaten/Kota se Riau kepada pihaknya selama ini, yakni kampus yang berbasis iman dan taqwa, terutama kerjasama dalam menangani persoalan kepemiluan, seperti penanganan dugaan tindak pidana Pemilu maupun Pemilihan.

Dedi Risanto, S.IP., M. Si saat dikonfirmasi Tim Humas Bawaslu Indragiri Hulu usai menandatangani MoU dan MoA berujar bahwa Pengawasan Pemilu bukan hanya tugas Bawaslu saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat termasuk kalangan akademisi juga harus terlibat, untuk itu pelaksanaan kerjasama ini sangat urgen bagi kedua belah pihak. 

Penulis : Saputra, D
Tag
Berita
Publikasi